Jumat, 30 Maret 2012


Titik Pijat Refleksi Kaki
Ada beberapa titik pijat yang perlu kita ketahui sehingga pemijatan bisa dilakukan sendiri. Titik pijat di bagian jari kaki, mulai kelingking sampai ibu jari, hampir semuanya merefleksikan tubuh bagian kepala seperti mata, telinga, hidung, dan otak. Titik pijat di pinggir telapak bagian dalam merefleksikan tubuh bagian leher, timus, tiroid, dan esophagus. Titik pijat bagian pinggir telapak sebelah luar merefleksikan tubuh bagian paru-paru dan bahu. Titik pijat di bagian telapak kaki sebelah dalam merefleksikan hati, empedu, ginjal, pankreas, usus, saluran kencing, usus buntu, perut, dan tulang belakang. Titik pijat bagian bawah tumit kaki merefleksikan tubuh bagian saraf, dubur, pinggul, dan organ reproduktif.
Yang Perlu Dilakukan Sebelum Pemijatan
Setelah mengetahui dengan tepat titik-titik pijat refleksi kaki, kemungkinan hasilnya akan maksimal. Jangan lupa untuk membuat kaki rileks terlebih dahulu agar pemijatan lebih optimal dan seluruh peredaran darah yang tersumbat kembali normal.
Rendam kaki dalam ember air hangat yang dibubuhi sedikit garam selama 10-15 menit untuk membuat otot kaki rileks dan mengendur. Setelah itu, baru lakukan pemijatan. Tepatnya ada sekitar 36 titik saraf telapak kaki yang masing-masing memiliki hubungan dengan anggota tubuh tertentu. Seorang pemijat diharapkan memahami simpul-simpul saraf yang terdapat di telapak kaki dengan teknik pemijatan yang tepat. Pemijatan bisa dilakukan dengan tangan atau alat tertentu. Bila menggunakan tangan, lakukan dengan membengkokkan jari tengah dan telunjuk, sementara jari lainnya mengepal keras untuk memberikan penekanan pada titik yang dituju.
Tempat Pemijatan
Terapi pijat ini sebaiknya dilakukan di ruangan yang bersih, nyaman dan tenang, serta memiliki lubang pergantian udara yang memadai. Kondisi ruangan akan memberikan rasa tenang pada orang yang akan dipijat. Meskipun hanya kaki yang dirasa sakit, untuk hasil maksimal diharapkan melakukan pemijatan secara menyeluruh. Dengan begitu, tubuh akan semakin nyaman karena peredaran darah menjadi lancar tidak di satu titik tertentu saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar